cara mengatasi Baterai laptop bertanda silang



Seringkali kita menemukan beberapa laptop entah itu milik teman anda, atau milik anda sendiri yang ternyata saat dicharger baterai justru bertanda silang. Hal ini memang tidak menganggu jalanya operasi komputer anda, selama arus listrik masih ada dan terhubung melalui charger.

Namun, perlu anda ketahui bahwa baterai bertanda silang merupakan tanda-tanda dimana baterai anda akan rusak. Tinggal menunggu waktu saja hingga baterai laptop anda tidak bisa mengisi daya sama sekali. Beberapa kasus, saat baterai laptop bertanda silang ternyata ada yang tidak bisa mengisi daya, sehingga saat chager dicabut makan secara langsung laptop anda akan mati.
Penyebab paling sering terjadi mengapa baterai laptop bertanda silang pada umumnya dikarenakan beberapa hal dibawah ini :
1. Usia baterai yang sudah tua.
Beberapa kasus yang sering kami temukan pada baterai laptop memang dipengaruhi oleh umur baterai yang sudah usang. Pada pengguna normal, baterai laptop tetap saja akan bertanda silang diusia menginjak 3-4 tahun. Bahkan beberapa laptop ada yang baru berusia 1-2 tahun sudah rusak, meskipun hanya dioperasikan oleh pengguna normal.
2. Terlalu sering dicharge
Hal ini yang paling dominan terjadi pada beberapa pengguna laptop, notebook ataupun pada ponsel. Beberapa pengguna seringkali melakukan pengisian daya baterai, tanpa memperhatikan indikator baterai yang sudah penuh atau 100%. Sehingga, saat baterai sudah 100% seharusnya charge dicabut namun ternyata dibiarkan begitu saja hingga seharian penuh. Jika anda pengguna aktif laptop, anda tetap harus memperhatikan ini. Saat baterai anda sudah 100%, segera cabut dan diisi kembali setelah daya berkurang mendekati angka 50%.
3. Notebook dan Laptop digunakan untuk bermain game
Anda tidak perlu khawatir kehilangan hobi bermain game pada laptop anda. Bermain game memang akan memakan banyak sumber daya listrik pada bateria. Hal ini tidak akan menjadi masalah selama game yang anda mainkan masih tergolong dalam jenis game yang memakan source memori ringan/kecil. Namun akan beda halnya, jika ternyata game anda versi berat yang menggunakan  RAM, Grafis, dan Prosesor untuk bekerja lebih ekstra. Game-game seperti ini biasanya game yang mengedepankan kualitas gambar yang luar biasa. Contoh game tersebut misalnya, Crysis, Battle Field, Need For Speed the run dll.
Dibawah ini mungkin akan menjadi solusi perawatan baterai untuk anda.
1. Jika baterai anda sudah bertanda silang, cobalah untuk mencabut baterai dari chasing laptop. Bersihkan debu yang menempel pada timah kuning yang terdapat pada baterai. Setelah pembersihan dilakukan, pasang kembali lagi baterai pada tempatnya.
Baterai laptop bertanda silang, penyebab dan tips mengatasinya
Baterai laptop bertanda silang, penyebab dan tips mengatasinya
Jika tanda silang ini masih tetap saja ada, anda harus bersiap-siap dana untuk pembelian baterai baru. Dengan catatan, baterai akan diganti setelah baterai anda tidak bisa menyimpan daya sama sekali dalam kondisi charger dicabut.
2. Sudah 100%, maka segera dicabut. Belajarlah mulai saat ini untuk selalu memperhatikan persentase daya baterai anda saat dicharge. Hal ini tentu saja akan memperpanjang usia baterai jika anda selalu mengontrol daya yang sudah masuk kedalam baterai. Karena, perlu anda ketahui saat baterai sudah 100%, sementara arus listrik masih mengalir kedalam baterai, dimanakah akan disimpan arus listrik yang terus menerus mengalir sementara slot daya didalam baterai sudah penuh ??
3. Jika anda sangat hobi game kelas berat, alternatif lain untuk menjaga daya baterai aman bisa saja menggunakan aplikasi game booster. Hal ini berguna, untuk memaksimalkan daya baterai hanya pada game yang anda jalankan. Jadi game booster ini akan mematikan servis komputer anda yang tidak perlu, dan akan kembali normal setalh game booster dihentikan.
Beberapa cara gila juga biasanya dilakukan oleh para gamers yaitu dengan melepas bateria latop saat bermain game, jadi anda hanya menggunakan sumber daya langsung dari listrik menuju laptop. Namun cara ini tidak dianjurkan bagi anda yang sering mengalami pemadaman bergilir didaerah anda.
semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Featured Post

Panduan Cara Bagaimana Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting di HP Android

Halo Sob, jumpa lagi dengan saya di Blog Anak Kampai. OK temen-temen kali ini saya akan membagikan tutorial untuk instal dan menggunakan Zoo...